Jumat, 05 April 2013

Omega-3

Modal Kecerdasan ya....... OMEGA-3

By. Rai Agung Irfan S, A.Md - Penyuluh Perikanan Bulu Temanggung


Pengertian Omega-3 berasal dari kata Omega. Omega berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti “ujung netral” atau “terakhir”. Dalam struktur kimia organik, apabila letak atau posisi ikatan rangkap berada pada atom karbon ketiga terhitung dari gugus metil, asam lemak itu dinamai omega-3. Omega-3 merupakan asam polyunsaturated atau asam lemak esensial atau asam lemak baik  yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, otak dan organ tubuh lainnya.

               Tetapi Asam Lemak Omega-3 ini merupakan Asam Lemak Esensial ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan asam lemak esensial ini manusia harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega-3.
             

            
-->Mungkin semua orang sudah mengetahuinya, omega-3 sangat bagus untuk menjaga kesehatan otak dan menekan kolesterol. Jika anda pecinta kesehatan mungkin anda sudah mengkonsumsinya seperti saya. Namun khasiat dari omega-3 bukan hanya itu saja, masih banyak khasiat lainnya yang terpendam

Pernahkah anda mendengar kata Omega-3. Menurut berbagai sumber, Omega-3 adalah jenis lemak terbaik untuk menjadi bagian hidup sehat. Belakangan ini Omega-3 mendapat perhatian besar dari pada ahli kesehatan. Zat gizi itu ternyata berperan penting dalam mendukung kesehatan serta mencegah munculnyapenyakit degeneratif. Peneletian terbaru bahkan menunjukkan, peran Omega-3 sejak dari janin dalam kandungan diperlukan pada proses tumbuh sel-sel otak dan kecerdasan anak (decacare).
Omega-3 atau asam alfa linolenat adalah Asam Lemak tidak jenuh, yang jika dikonsumsi bisa membantu tubuh membentuk DHA. Asam Lemak ini tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga pemenuhannya harus disuplai melalui makanan
Asam Lemak esensial Omega-3 memiliki peran sejak dari janin dalam kandungan serta diperlukan pada proses pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan anak. Pada kurun waktu belakangan ini mendapat perhatian besar dari para ahli. Untuk membuat anak anda mempunyai kecerdasan yang normal. Anda tidak boleh lengah memberikan asupan gizi demi pertumbuhan dan perkembangan otaknya.
Pertumbuhan otak bayi berlangsung segera setelah pertumbuhan. Pertumbuhan otak bayi berlangsung segera setelah pembuahan. Otak manusia mulai terbentuk pada hari ke-8 setelah konsepsi (saat sel sperma membuahi sel telur). Setelah itu, otak tumbuh amat cepat sampai bayi berusia 18 bulan. Pertumbuhan otak ini berlangsung terus hingga bayi lahir. Pada akhir masa kehamilan (bulan ke-7 sampai ke-9) sel-sel otak mulai membutuhkan rangsangan agar dapat berfungsi optimal
Kalangan kedokteran menyebutkan masa-masa di atas sebagai periode lompatan pertumbuhan otak. Pada periode ini, sel-sel saraf sangat peka dan sangat dipengaruhi situasi lingkungan. Periode ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi meningkatkan kecerdasan anak. Asam Lemak Omega-3 merupakan zat gizi yang harus pula terpenuhi kebutuhannya. Asam Lemak Omega-3 ini merupakan turunan dari prekursoor atau pendahulunya, yakni Asam Lemak esensial linoleat. Ada tiga ragam Asam Lemak Omega-3 : LNA (asam alfa-linolenat). EPA (eikosapentaenoat) serta DHA (dokosaheksaenoat). Omega-3 sebagian besar (lebih dari 60%) diperlukan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron. Seangkan sisa DHA lainny diperlukan sebagai unsur pembentuk cawan untuk wadah rhodopsin, senyawa vital penginderaan dan pengiriman balik sinyal yang diterima mata ke otak.
Bila kekurangan Asam Lemak esensial, maka sel neuron akan menderita kekurangan energi untuk proses tumbuh kembangnya, pembentukkan dinding sel neoron terhambat karena kekurangan Omega-3 DHA dan AA, sehingga sel tidak mampu menampung muatan komponen sel neuron normal. Yang diderita janin adalah sel neuron akan kehilangan pengorganisasian dan kemampuan koneksi normal diantara sel-selnya. Akibatnya, selsel neoron banyak mengalami kebocoran dan terjadilah pendarahan. Bisa juga terjadi inisiasi microthrombi dan ischemia  lokal serta sel-sel otak menjadi cepat mati dan tidak berfungsi.
Sistem saraf pusat dan otak merupakan organ vital yang pertama dibentuk. Proses pertumbuhan sel neuron otak terjadi pada minggu ke-20 hingga ke-36, dan disempurnakan hingga bayi berusia dua tahun. meskipun massa otak janin hanya sekitar 16% dari tubuhnya, namun dibandingkan dengan organ tubuh lain, otak paling banyak memerlukan energi. Energi itu terutama berasal dari Asam Lemak esensial tubuh ibunya.
Asam Lemak Omega-3 belakangan ini mendapat perhatian besar dari para ahli kesehatan. Zat gizi itu ternyata berperan vital dalam mendukung kesehatan serta mencegah munculnya penyakit degeneratif. Peneletian terbaru bahkan menunjukkan, peran Omega-3 sejak dari janin dalam kandungan diperlukan pada proses tumbuh sel otak dan kecerdasan anak.
Bicara soal kesehatan tubuh dan kecerdasan seseorang, tentu tidak terlepas dari awal pembentukan berbagai alat dan organ vital janin sejek dalam kandungan.
Seiring dengan perkembangan dunia kesehatan, Omega-3 menjadi populer. Sebagai contoh Asam Lemak Omega-3 saat ini telah banyak di tambahkan dalam makanan dan susu. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya apakah manfaat dan sumber Omega-3. Baiklah kita bahas satu bpersatu. Adapun sumber makanan penghasil Omega-3 yang harus diketahui :
1.    Jenis ikan
Ikan kaya akan Omega-3 tetapi rendah Omega-6. Ikan merupakan sumber Omega-3 terbaik yang bisa anda pilih. Diantaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan tenggiri. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun ikan tuna dan ikan tenggiri mengandung asam Omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya ikan salmon.

2.   Binatang berkulit keras
Udang, kerang serta kepiting jugakaya Omega-3 serta membuat anda tidak akan didominasi Omega-6.

3.   Kacang-kacangan dan biji-bijian
Beberapa jenis kacang polong merupakan pilihan yang lebih bagus dibandingkan jenis lainnya untuk menyeimbangkan kadar Omega-3 di tubuh anda

4.   Sayuran
Bayam kaya akan Omega-3. Konsumsi bayam sangat baik disamping sayuran hijau ini juga kaya akan zat besi bayam juga kaya akan Omega-3. Selain bayam Omega-3 juga banyak terkandung dalam labu dan brokoli.

5.   Buah-buahan
Disamping ke-4 macam diatas di dalam buah-buahan juga banyak mengandung Omega-3 seperti buah strawberry, cherry, blueberry, blackberry dan , pepaya secara umumsemakin kuat warnanya semakin banyak kandungan nutrisinya.beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstra buah ini mengalami perbaikan dalam fungsi ingatannya.  

Omega-3 bermanfaat sebagai menjaga kesehan jantung, mengatasi nyeri, membantu melangsingkan tubuh anda, kesehatan otak, mencegah kangker. Sebetulnya masih banyak lagi manfaat Omega-3 ini. Diatas hanya beberapa saja yang saya sarikan dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar