Sabtu, 27 April 2013

Pohon Pepaya Dapat Stabilkan PH Kolam Ikan Lele

By. Rai Agung Irfan S, A.Md


Cuaca yang berubah dari panas ke dingin, bahkan hujan patut kita waspadai ketikan kita sedang memelihara ikan lele, apalagi kolam ikan lele yang berada di tempat terbuka. Ketika hujan tiba dan air kolam bercampur dengan air hujan, maka Ph air kolam lele dapat berubah dan perlu kita stabilkan supaya lele-lele yang kita pelihara tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu cara menetralisir kandungan Ph dalam air kolam lele adalah dengan memanfaatkan pohon pepaya. Baik dari daun, batang hingga buahnya dapat kita gunakan untuk menstabilkan Ph air kolam ikan lele budidaya dengan cara memasukkannya ke dalam kolam.

Pohon pepaya tidah hanya dapat digunakan sebagai penstabil Ph kolam lele, namun juga dapat berfungsi sebagai obat alami bagi ikan lele pada saat musim hujan, biasanya pohon pepaya yang kita masukan dalam kolam lele akan ditumbuhi oleh lumut dan lumut tersebut akan dimakan oleh ikan lele yang tanpa disadari sudah mengandung obat herbal.

Banyak cara lain untuk mengantisipasi turunnya Ph air kolam lele selain menggunakan pohon pepaya. Jika kita kesulitan mendapatkan pohon pepaya, kita dapat menggunakan garam ikan atau bogol pisang, yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai menambahkan bogol pisang, pohon pepaya, maupun garam ikan hingga terlalu banyak karena dosis yang berlebih malah akan menimbulkan efek buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar